Belajar IELTS Otodidak? Bisa Kok! Coba Cara Ini!

IELTSBagi Anda yang berkeinginan study di luar negeri, salah satu syarat yang harus dikantongi adalah kemampuan untuk berbicara dalam bahasa asing (khususnya bahasa inggris). Secara, bahasa setiap hari dalam perkuliahan adalah bahasa inggris, sumber materinya pun dalam bahasa inggris, dan interaksinya dengan menggunakan bahasa inggris. Wajar kan jika salah satu syarat wajib yang harus Anda kantongi adalah IELTS.

Bagi mereka yang belum terbiasa dengan tes ini, seringkali merasa bahwa tes ini berat, sulit, dan secara psikis down terlebih dahulu. Padahal, jika Anda mempersiapkannya dengan baik sejak dini, skor yang ingin Anda dapatkan bisa Anda peroleh. Untuk mencapainya, Anda tidak harus ikut les. Anda bisa usahakan dengan belajar IELTS sendiri dengan menerapkan tips berikut:

  1. Pahami struktur soal

Pahami pembagian sesi soalnya, seperti listening, writing, reading, dan speaking. Ketahui pula berapa waktu yang Anda miliki untuk masing-masing sesi. Selain memahami struktur soal, pahami pula instruksi yang ada di masing-masing sesi. Jawablah dengan tepat sesuai dengan instruksi tersebut.

  1. Buat jadwal belajar

Bagi Anda yang akan mengikuti tes IELTS untuk kepentingan tertentu, cobalah membuat jadwal belajar yang Anda jalankan secara konsisten. Alokasikan waktu selama 2 hingga 3 jam sehari untuk belajar IELTS dari berbagai sumber.

  1. Ketahui tanggal ujian dan buat target yang ingin dicapai

Ketahui kapan Anda akan mengikuti tes IELTS itu, persiapkan dengan baik dan buat target skor yang ingin Anda capai sesuai dengan persyaratan dari pihak universitas atau tempat kerja yang Anda tuju.

  1. Cari partner

Salah satu sesi tes IELTS adalah speaking. Coba cari partner yang kompeten dalam bahasa Inggris dan paham betul seluk beluk IELTS. Perbanyak praktik speaking dengan berbagai tema. Terbuka atas masukan dan perbaiki kekurangan.

  1. Fokus dan perbanyak berdoa

Penting bagi Anda untuk tetap fokus saat mengerjakan soal IELTS. Banyak orang yang persiapannya matang namun saat mengikuti tes tidak fokus akhirnya gagal. Selain itu, perbanyak berdoa agar apa yang Anda inginkan tercapai.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *